Baduy Berduka, 365 Jiwa Kehilangan Rumah, Mari Bantu Sekarang

Selasa malam, sekitar pukul 18.30 WIB dan hanya dengan kurun waktu satu setengah jam, api membumihanguskan pemukiman warga suku Baduy. Akibatnya, 84 rumah adat milik warga Baduy Luar ludes terbakar, 105 kepala keluarga mengungsi ke kampung-kampung di sekitarnya.
Kampanye Selesai
Kampanye ini telah berakhir 3 bulan lalu. Terima kasih atas partisipasi Anda.
154% Capaian
  • Rp 15.368.560 Terhimpun
  • Rp 10.000.000 Target
  • 37 Donatur
Sisa waktu untuk berdonasi

MARI BANTU MEREKA

Saat sebagian besar dari kita bersuka cita bersiap menyambut datangnya bulan penuh berkah, duka justru menyapa saudara-saudara kita warga adat Baduy Luar, Kampung Cisaban RT 02 RW 06, Desa Kanekes, Leuwidamar, Lebak, Banten.

Selasa malam, sekitar pukul 18.30 WIB dan hanya dengan kurun waktu satu setengah jam, api membumihanguskan pemukiman warga suku Baduy. Akibatnya, 84 rumah adat milik warga Baduy Luar ludes terbakar, 105 kepala keluarga mengungsi ke kampung-kampung di sekitarnya.

“Sebanyak 84 rumah yang habis terbakar. Sementara orang-orangnya masih pada bingung. Kami belum bisa nanya-nanya, baru dapat informasi itu yang terbakar rumahnya,” kata Sarpin dari Kasi Pemerintahan Desa Kanekes, Rabu (24/5/2017).

Sarpin yang saat ini masih berada di kampung Cisaban melaporkan rumah di kampung tersebut hangus terbakar secara keseluruhan. Baru ada tenda darurat yang digunakan untuk penduduk yang ingin mengungsi. Tapi sebagian besar warga mengungsi ke kampung-kampung lain yang masih di kawasan Baduy Luar.

“Pokoknya rumah hangus semuanya,” tegas Sarpin.

Tidak ada korban jiwa akibat bencana ini. Namun kini, 365 jiwa kehilangan tempat tinggal dan tak kurang 200 leuit (lumbung padi) berubah jadi abu.

Kampung Cisaban berada sekitar 20 kilometer dari pintu masuk kawasan Baduy di Ciboleger. Cisaban bisa ditempuh dari arah Muncang, di kecamatan lain karena lokasinya berbatasan dengan Kecamatan Sobang, Lebak.

Suku Baduy merupakan suku adat yang menempati kurang lebih 5.136,8 hektar lahan hak ulayat di pegunungan daerah Lebak. Rumah suku adat ini berbentuk sederhana dari kayu dan berdindingkan bambu dan beratap rumbia.

Duka ini tak mesti mereka tanggung sendiri. Tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa tengah melakukan peninjauan dampak bencana. Mari bantu ringankan beban mereka. Salurkan donasi Anda melalui Dompet #LoveBaduy:

BCA 245.4000.551

BSM 146.006.4444

a.n. Yayasan Dompet Dhuafa Republika

Tambahkan angka 3 di akhir nomital donasi Anda. Contoh: Rp 100.003 untuk donasi Rp 100 ribu

(Transfer antar bank gunakan kode 014 untuk BCA dan 451 untuk BSM)

atau klik tombol di bawah:

DONASI SEKARANG

Share kampanye ini: