Mereka Keluarga Kita

Zakat untuk Banten

Zakat untuk Banten

Ajak juga teman Anda untuk turut membantu campaign ini. Bagikan sekarang!
Rp 710.628.141 donasi terkumpul
1 orang baik membantu

Perintah berzakat bersanding bersama perintah shalat dalam Al Quran. Sebagaimana yang termaktub dalam QS Al Baqarah, ayat 43, 83, 110 dan 117. Ini menandakan bahwa kedudukan zakat sama pentingnya dengan shalat. Lantas, mengapa jumlah potensi zakat di Indonesia berjalan melambat tak kunjung mendekati 217 T? Sedangkan pembangunan masjid semakin marak.

Dompet Dhuafa berkomitmen untuk menunjukkan sebuah pola pengelolaan zakat yang tak hanya memberikan solusi singkat, praktis, dan sederhana dalam menanggulangi berbagai masalah di Indonesia. Lebih dari itu, setiap permasalahan harus diselesaikan dari hal yang paling mendasar.

Kami ingin membuktikan kontribusi zakat yang lebih meluas. Misalnya, jika ada masalah kesehatan, kami tidak hanya memberi layanan kesehatan. Kami bisa mengelola klinik, membangun rumah sakit, dan sebagainya.

Zakat yang kami kelola juga mampu mengentaskan kemiskinan melalui program pemberdayaan ekonomi. Melalui pemberdayaan, kita bukan saja “memberi ikan”, namun “memberi kail” dan melatih para mustahik agar mampu bertahan bahkan berpindah dari mustahik (penerima zakat) menjadi muzzaki (pemberi zakat).

Fikih Zakat Profesi

Tahukah Anda? Saat ini, 27 juta masyarakat Indonesia hidup di bawah garis kemiskinan. 675 ribu jiwa di antaranya ada di Banten. Data Kementerian Kesehatan RI juga menunjukkan bahwa 50 persen masyarakat Indonesia alami kebutaan yang disebabkan oleh katarak. Di Provinsi Banten sendiri, prevelansi penderita katarak mencapai 1,5 – 2 persen dari total jumlah penduduk. Mirisnya lagi, BPS Indonesia mencatat, Banten berada di posisi empat dengan total pegangguran terbanyak di Indonesia. Angkanya mencapai 7,75 persen atau setara dengan 462 ribu orang di tahun 2017. Sementara 4.000 lebih sekolah di Banten rusak parah.

Ini adalah PR kita bersama. Dengan zakat, Anda telah turut berpartisipasi dalam mengubah cara dunia menangani kemiskinan melalui inovasi program pemberdayaan yang kami hadirkan untuk para penerima manfaat zakat, di antaranya: Program sentral ternak milik dhuafa, program pemberdayaan nelayan kerang hijau, program pemberdayaan petani madu, program Insan Tangguh (pemberian modal usaha dan pendampingan untuk mustahik penyandang disabilitas), program ekowisata mangrove, BMT, dll.

Di lain sisi, zakat pun juga berkontribusi dalam penyebaran dakwah dan pembenahan akhlak masyarakat. Dompet Dhuafa membentuk Corps Dai Dompet Dhuafa khusus untuk menjalankan misi melayani umat Islam dalam menyebarkan dakwah. Salah satu program Cordofa adalah Dai Nusantara.

Mari dukung kami untuk terus menebarkan manfaat pemberdayaan zakat secara lebih luas kepada masyarakat dan mereka yang membutuhkan.

Cara berzakat:

  1. Masukkan jumlah zakat Anda pada kolom di bawah atau Hitung Zakat yang harus Anda tunaikan di KALKULATOR ZAKAT.
  2. Klik tombol ZAKAT SEKARANG
  3. Isi data Anda dengan benar, sebab kami tetap ingin berkomunikasi dengan dan terkait penyaluran zakat Anda
  4. Transfer donasi Anda melalui rekening yang akan kami kirimkan melalui email dan SMS 😊
Donasi Anda
Data Anda